Liputan6.com, Manila - Asia Tenggara sedang menjadi pusat perhatian dunia menyusul dilaksanakannya dua agenda besar dalam waktu yang berdekatan. Pada 10 hingga 11 November, Vietnam diketahui menjadi tuan rumah penyelenggaran KTT APEC.

Sejumlah pemimpin dunia seperti Donald Trump, Presiden Rusia Vladimir Putin, PM Jepang Shinzo Abe, Presiden China Xi Jinping, PM Selandia Baru Jacinda Arden, PM Australia Malcolm Turnbull, Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto, Presiden Chile Michelle Bachelet dan PM Kanada Justin Trudeau hadir dalam KTT APEC.

Demikian pula halnya dengan sejumlah pemimpin ASEAN termasuk Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Pasca-berakhirnya KTT APEC di Da Nang, kini sejumlah kepala negara bertolak ke Manila untuk menghadiri KTT ASEAN yang dijadwalkan akan berlangsung pada 13 dan 14 November.

Seperti dikutip dari media Filipina, rappler.com, pada Minggu (12/11/2017), hingga saat ini para pemimpin dunia terus berdatangan ke negeri pimpinan Duterte tersebut. Yang pertama kali tiba adalah Perdana Menteri Laos Thongloun Sisoulith. Ia mendarat di Bandara Internasional Clark pada pukul 10.30 waktu setempat.

Selengkapnya: Liputan6