KBRN, Jakarta: Inggris resmi membuka misinya untuk ASEAN. Peresmian ini ditandai dengan penanaman jeruk Bali di halaman Kedubes Inggris, Jakarta, oleh Menteri Inggris untuk Asia Pasifik, Heather Wheeler, sebagai simbolisasi tanaman yang tumbuh di negara kawasan ASEAN.

"Hubungan Inggris dan ASEAN sangatlah penting. Untuk itulah saya merasa sangat senang dan terhormat dapat membuka misi ini," ujar Wheeler di Kantor Kedutaan Besar Inggris, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Dikatakan Wheeler, dengan dibukanya misi ini, maka akan menjadi bukti pengakuan peran penting ASEAN dalam merepresentasikan isu kawasan dan menguatkan kerjasama multilateral.

"Ini bukan hanya seberapa besar pengaruh negara-negara Asia Tenggara untuk Inggris di lingkup dunia, namun juga soal pengakuan akan peran penting ASEAN dalam mewakili kepentingan kawasan serta menguatkan sistem multilateral," ungkap Wheeler.

Wheeler menambahkan, Inggris akan lebih banyak terlibat dengan negara-negara ASEAN yang meliputi bidang keamanan politik, ekonomi, dan sosial budaya termasuk di Indonesia. 

"Negara ASEAN dan Inggris berkolaborasi dalam banyak bidang. Mulai dari pertahanan dan keamanan hingga beasiswa pelajar, pelatihan guru, hingga penelitian yang canggih," kata Wheeler.

Selengkapnya RRI