Liputan6.com, Jakarta Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani menghadiri pertemuan ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors (AFMGM) 2019, pada 2-5 April 2019, di Chiang Rai, Thailand. Pertemuan tersebut membahas tantangan kerja sama keuangan negara-negara ASEAN dalam mencapai visi ASEAN Economic Community (AEC) pada tahun 2025.

Direktur Departemen Internasional Bank Indonesia (BI) Wahyu Pratomo mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mendorong tercapainya target AEC. Ini diantaranya penguatan integrasi dan konektivitas ekonomi untuk meningkatkan daya saing dan mendorong pembangunan inklusif, serta berorientasi pada pembangunan manusia.

Dia mengatakan dalam pertemuan tersebut ke-10 negara ASEAN berkomitmen untuk memperhatikan tiga pilar penting dalam proses integrasi keuangan di ASEAN. "Sekarang 10 negara ASEAN komitmen mencapai milestone 2025. Ada kita sebut proses integrasi di sektor ekonomi dan keuangan,” kata dia, di Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (9/4/2019).