Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) saat ini tengah berupaya untuk memfasilitasi sistem pembayaran regional. Langkah ini diambil karena negara-negara ASEAN meyakini bahwa ekonomi digital menjadi pendorong utama untuk pertumbuhan ekonomi di masa depan.

“Karena ekonomi digital menjadi semakin penting, semakin 'merajalela', kita melihat semakin banyak ketertarikan (bahwa ASEAN) memiliki sistem pembayaran regional" kata Lim Jock Hoi, Sekjen ASEAN di sela-sela ASEAN Media Forum 2019 di Bangkok, Senin 29/7/2019.

Sekjen ASEAN menambahkan bahwa menteri keuangan dan bank sentral dari 10 anggota ASEAN blok sedang menggodok hal tersebut untuk menuju sistem pembayaran yang terintegrasi. Meski begitu,. menurutnya sejumlah tantangan masih masih harus dihadapi.

"Setiap anggota ASEAN mempunyai sistem dan aturan sendiri-sendiri. Sebelum terintegrasi, kita harus memastikan bahwa seluruh sistem bisa terhubung satu sama lain dan serupa" ungkapnya. ASEAN Media Forum 2019 media dihadiri oleh 20 profesional media dari 10 negara anggota dengan bahasan topik meliputi apa yang sebaiknya dilakukan ASEAN terhadap sedang berlangsungnya perang perdagangan Cina-AS dan tantangan global, dan juga integrasi ekonomi ASEAN Sekjen ASEAN sendiri masih optimis bahwa ASEAN akan terus maju meski sedang berlangsung berbagai tantangan ekonomi global.