KBRN, Jakarta : Agustus adalah bulan penuh semangat kebersamaan, karena bertepatan dengan peringatan ke-51 berdirinya ASEAN, peringatan ke-73 kemerdekaan RI dan ulang tahun Kementerian Luar Negeri.

Demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Kerja Sama Asean Kementerian luar negeri RI, Jose Tavares dalam siaran pers yang diterima Radio Republik Indonesia, Selasa (21/8/2018).

Pernyataan itu, ia sampaikan juga aat menghadiri Diplomatic Gathering yang berlangsung  Senin malam (20/8/2018), di Kantin diplomasi, kementerian luar negeri RI dan dihadiri para duta besar maupun perwakilan tetap negara-negara Asean di Jakarta.

Jose Tavares menambahkan, Agustus tahun ini juga menjadi bulan spesial, karena Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games ke-18. 

“Semangat yang tercermin dalam Asian Games yaitu kompetisi dapat berlangsung dalam suasana harmonis dan saling menghormati martabat seluruhnya,  sangat serupa dengan semangat yang dimiliki ASEAN, yaitu semangat sebagai sebuah masyarakat yang kohesif secara politik, terintegrasi secara ekonomi dan bertanggung jawab secara sosial untuk menanggapi berbagai tantangan dan meraih kesempatan di masa mendatang,”imbuhny.

Dalam pertemuan itu, Jose Tavares, membagi-bagikan maskot Asian Games ke-18, Bhin Bhin, Atung dan Kaka untuk para undangan yang terdiri atas Duta Besar/ Wakil tetap seluruh perwakilan tetap Negara Anggota ASEAN, perwakilan tetap untuk ASEAN dari beberapa negara mitra wicara ASEAN dan Sekretariat Jenderal ASEAN. 

Tak berhenti sampai di sini,  kemeriahan terus berlangsung hingga di penghujung acara saat para undangan dan sejumlah pejabat Kementerian Luar Negeri diajak untuk menari poco-poco bersama. 

Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato’ Lim Jock Hoy dalam sambutan singkatnya menyampaikan selamat atas hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-73 dan pembukaan Asian Games, yang menurutnya, mencerminkan kreativitas yang tinggi dari bangsa Indonesia.

Selengkapnya RRI