Liputan6.com, Jakarta - PT Surveyor Indonesia (Persero) menargetkan ekspansi bisnis ke ASEAN mulai 2019. Vietnam menjadi negara pertama yang dijajaki.  Direktur Utama PT Surveyor Indonesia, Dian M Noer mengatakan, ada tiga perusahaan yang dijajaki oleh Surveyor Indonesia, yaitu perusahaan semen asal Vietnam, Semen Thang Long yang merupakan anak usaha Semen Indonesia dan Garuda Indonesia.

"Kita harus mulai berpikir ekspansi, Vietnam menjadi negara pertama yang kita jajaki. Pertama dengan perusahaan semen asal Vietnam," tegas Dian di Bogor, Senin (18/3/2019). Kerja sama yang dijajaki adalah jasa inspeksi bahan baku. Dengan inspeksi ini, nantinya perusahaan semen tersebut bisa menjalankan bisnis yang lebih efisien baik dalam produksi ataupun menejemen perusahaan.

Dian menuturkan, rencana ekspansi bisnisnya ini sudah mendapat dukungan penuh dari Duta Besar Indonesia untuk Vietnam.  Tak berbeda jauh dengan perusahaan semen asal Vietnam, kerja sama dengan Semen Thang Long juga dalam hal inspeksi bahan baku. Sementara untuk Garuda Indonesia, Surveyor Indonesia bakal bersinergi dengan Garuda Indonesia dalam mengkaji potensi rute baru Jakarta-Ho Chi Minh.  "Kita targetkan itu bisa realisasi tahun ini, di kisaran semester II," tegasnya