Mantan Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, mengatakan ASEAN harus banyak berubah dengan apa yang sudah dilakukan dan lebih relevan dengan perubahan-perubahan yang terjadi di dunia. Seperti yang dikutip dari harian ekonomi Australian Financial Review (AFR) di Australia, Marty juga mengatakan ASEAN harus bisa menawarkan ide-ide untuk menghadapi tantangan dari perubahan dunia secara politik dan ekonomi.

"Saya yakin ASEAN harus bisa sedikit lebih ambisius, lebih percaya diri dengan kemampuannya untuk menawarkan pandangannya kepada kawasan lebih luar," ujar Marty di University of Sydney, seperti yang ditulis AFR. Menurutnya juga strategi Indo-Pasifik bukanlah berarti anti China, melainkan kerangka pemikiran yang sama soal sekuritas.

"Di masa lalu, divisi atau variasi [dari ASEAN] dalam kebijakan luar negeri kita belum pernah lemah," katanya. "Kita telah berhasil menjadi teman baik bagi semua pihak. Tapi sekarang ... entah hanya dengan China atau Amerika Serikat, seolah-olah kita tidak bisa melakukan dengan keduanya sekaligus."